INOVASI TEKNOLOGI MASA DEPAN

  • Gelang Smartphone



Saat ini sebuah perusahaan teknologi sudah mulai merancang konsep gelang yang berfungsi sebagai smartphone. Saat memakai gelang tersebut, layar smartphone akan diproyeksikan di kulit tangan kita lengkap dengan teknologi touch screen layaknya smartphone saat ini. Notifikasi LED, koneksi WiFi, Bluetooth, bahkan port mini USB pun tersedia. Kamu juga dapat menggunakan smartphone kamu saat sedang mandi atau bahkan kegiatan ekstrim lainnya, tanpa harus khawatir smartphone kamu akan rusak.

  • Head-up Display (HUD)



Di masa depan, kamu juga akan dimudahkan saat berkendara dengan adanya Head-Up Display (HUD) digital yang muncul pada kaca depan kendaraan. HUD tersebut akan tampil sebagai lapisan transparan yang tidak akan mendistraksi kamu, namun justru memberikan informasi perjalanan seperti kecepatan, sisa jumlah bensin, kondisi kendaraan dan navigasi jalan . Kamu tidak perlu lagi membuka aplikasi penunjuk jalan di smartphone atau khawatir dengan kondisi kendaraan kamu, karena semua akan terlihat jelas di layar kaca kendaraan.

  • Internet for Everyone 


Sebuah perusahaan tengah merancang sebuah proyek untuk mengirim hampir 4.000 satelit kecil menuju orbit bumi, yang akan menyalurkan sinyal nirkabel berkecepatan tinggi ke seluruh penjuru di planet ini. Proyek ini direncanakan dapat rampung di tahun 2020. Tujuan dari projek ini adalah untuk membantu semua orang di penjuru bumi agar dapat menikmati jaringan WiFi dan mengakses internet dengan mudah di mana saja.
  • Eye control technology



Teknologi ini dapat mengenali wajah dan gerakan mata untuk mengendalikan smartphone atau device lainnya. Teknologi pengenal wajah sudah dapat ditemukan di beberapa smartphone  saat ini. Di masa depan, diprediksi bahwa kita dapat mengendalikan apapun seperti swipe up dan swipe down, atau bahkan bermain game sekalipun hanya dengan menggunakan gerakan mata. Teknologi ini diprediksi akan dapat digunakan pada tahun 2019.

  • 3D printing in every home



Jika saat ini kamu masih harus sabar menunggu pengiriman ke rumah setelah berbelanja online, di masa depan kamu dapat langsung mencetak barang yang kamu beli, Opera Friends. printer 3D akan merevolusi cara kamu berbelanja. Pada tahun 2037, setiap rumah diprediksi akan memiliki printer 3D yang bisa mencetak hampir semua hal, dari elektronik, furnitur, bahkan makanan. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membeli dan mengunduh file dari internet.

Jadi, bersiaplah untuk akhirnya hidup di dunia science fiction, yang biasanya hanya dapat kamu lihat di film saja. Seiring dengan teknologi yang terus berkembang, Opera juga akan terus memberikan inovasi terbaik untuk pengalaman browsing kamu yang luar biasa, sesuai dengan tagline ‘Do More’. Saat ini, fitur newsfeed pada Opera Mini sudah dilengkapi dengan teknologi terkemuka Artificial Intelligence (AI). AI pada Opera Mini mempelajari konten yang paling banyak dibaca dan akan memberikan saran artikel berdasarkan hal tersebut.

  • Nerve gear
 

Nerve Gear adalah sebuah alat/perangkat game yang memungkinkan player untuk dapat melakukan FullDive ke dalam game atau dengan kata lain player dapat masuk ke dalam game tersebut.

Konsep dari Nerve Gear itu sendiri adalah mengalihkan kesadaran player dengan menggunakan sejenis gelombang yang akan dipancarkan Nerve Gear ke otak player. Gelombang ini yang nantinya akan merangsang penggunaan kelima indra si player supaya ia bisa menggerakan tubuhnya secara bebas di dalam game tersebut.  Selain itu, Nerve Gear juga memblokir setiap transmisi dari otak ke tubuh dan juga sebaliknya, sehingga player tidak bisa merasakan apa-apa dari dunia nyata.

  • AI
 

Karakteristik ideal AI adalah kemampuannya untuk merasionalisasi dan mengambil tindakan yang memiliki peluang terbaik untuk mencapai tujuan tertentu.
Sedangkan Kecerdasan buatan didasarkan pada prinsip bahwa kecerdasan manusia dapat didefinisikan sedemikian rupa sehingga mesin dapat dengan mudah menirunya dan menjalankan tugas, dari yang paling sederhana hingga yang lebih kompleks. Tujuan kecerdasan buatan meliputi pembelajaran, penalaran, dan persepsi.

Seiring kemajuan teknologi, tolok ukur sebelumnya yang mendefinisikan kecerdasan buatan menjadi ketinggalan zaman. Sebagai contoh, mesin yang menghitung fungsi dasar atau mengenali teks melalui pengenalan karakter yang optimal tidak lagi dianggap sebagai kecerdasan buatan, karena fungsi ini sekarang dianggap sebagai fungsi komputer yang melekat.

AI terus berkembang untuk menguntungkan banyak industri yang berbeda. Mesin ditransfer menggunakan pendekatan lintas disiplin yang berbasis di matematika, ilmu komputer, linguistik, psikologi, dan banyak lagi.