Perangkat Input dan Output Komputer


Pengertian Input

               Input adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor. Sebuah perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke dalam komputer, atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor.

Alat Input

               Yaitu sejumlah komponen atau alat yang digunakan user untuk memasukkan data ke dalam komputer untuk diproses lebih lanjut agar menghasilkan informasi yang dibutuhkan.

Contoh Alat Input:


Keyboard


Keyboard adalah salah satu perangkat input utama yang digunakan untuk mengetik dan memasukan perintah kedalam komputer.

Mouse

Mouse adalah perangkat input yang dapat di genggam. Mouse berfungsi untuk yang mengendalikan kursor dan dapat bergerak memilih teks, ikon, file, dan folder .

Touchpad 

Touchpad adalah perangkat input pada laptop dan beberapa keyboard untuk memindahkan kursor dengan jari Anda. Touchpad bisa anda gunakan sebagai pengganti mouse eksternal. Touchpad dioperasikan dengan menggunakan jari. Saat Anda menggerakkan jari Anda kepada permukaan, kursor mouse bergerak ke arah yang sama.

Barcode Reader

Barcode adalah perangkat input yang sering digunakan untuk membantu mengatur dan mengindeks informasi atau harga suatu barang.

Gamepad

Gamepad adalah perangkat periferal yang dihubungkan ke komputer atau sistem konsol game. Gamepad memiliki beberapa tombol tergantung dari jenisnya.  Game pada bisa digunakan untuk bermain video game.

Joystick
 

Joystick adalah perangkat input yang dapat anda gunakan untuk mengendalikan karakter atau mesin dalam program komputer, seperti pesawat terbang di simulator penerbangan.

Steering Wheel

Steering Wheel atau Kemudi adalah perangkat yang digunakan dalam permainan balap atau program penggerak. Perangkat ini dihubungkan melalui USB, biasanya mencakup perangkat akselerasi dan pedal rem, beberapa bahkan termasuk mekanisme untuk menggeser gigi.

Microphone

Microphone adalah perangkat yang digunakan untuk memasukan audio suara kedalam komputer.

Dll.

Pengertian Output

Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya komputer memproses data-data yang diinputkan menjadi sebuah informasi. Yang disebut sebagai perangkat output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang yang menggunakannya.

Alat Output

Peralatan output adalah peralatan yang digunakan untuk membawa data keluar komputer atau juga untuk memindahkan data dari komputer ke perangkat lainnya.

Contoh Alat Output:

Monitor

Monitor berfungsi untuk menampilkan data berupa teks, gambar, dan video. Monitor terdiri dari sirkuit, catu daya, tombol untuk menyesuaikan pengaturan layar, serta casing yang menampung semua komponen tersebut. Saat ini monitor diproduksi dalam bentuk yang tipis dan memiliki berbagai macam ukuran. 

Printer


Printer merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mengambil data elektronik yang tersimpan dalam komputer atau perangkat lain dan menghasilkan salinan data tersebut. Salinan data bisa berupa teks, gambar, maupun foto yang dicetak di atas kertas yang diselipkan pada wadah yang sudah disediakan. Printer memiliki beberapa tipe, tapi yang paling umum digunakan untuk komputer adalah tipe Laser dan InkJet.

Proyektor


Proyektor adalah perangkat yang digunakan untuk mengambil gambar yang dihasilkan oleh komputer atau pemutar Blu-ray. Gambar tersebut kemudian ditampilkan pada permukaan datar di depannya, seperti layar atau dinding.

Headset


Headset adalah perangkat yang terhubung pada komputer atau telepon genggam. Pada alat ini terdapat microphone sehingga pengguna tidak hanya bisa mendengar suara saja, tapi juga berbicara dengan lawan bicara tanpa harus memegang perangkat penghubung yang digunakan.

Speaker


Speaker adalah perangkat yang terhubung pada komputer dan berfungsi sebagai penghasil suara.

Dll.


Mekanisme Kerja Sistem I/O